Friday, December 14, 2007

Install Grub Setelah Install OS Lain

Wah…. akhir nya gw bisa juga install grub Ubuntu Gutsy gw yang ilang gara2 install WinuTuxu (Window rasa Ubuntu). Tadinya gw udah kebingungan, gmn caranya ngembaliin Ubuntu gw yang asli. Akhirnya nemu juga caranya, ternyata pake Live cdnya Ubuntu Gutsy trus grub-install deh, trus balik deh Ubuntu gw yang lama

Bagi yang sedang bingung bagaimana mengembalikan grub anda yang hilang karena menginstall atau pun menginstall ulang OS lain ,gw mau bagi-bagi dikit caranya gmn hehehehe

1. Pertama kita running Live Cd Ubuntu Feisty Fawn nya

2. Abis itu jalanin aplikasi terminal dari Ubuntu menu, Aplications>Accessories>Terminal

2. Berlakulah sebagai super user (root)

3. Kemudiah mounting lah partisi Ubuntu yang lama anda

4. Install grub dengan perintah seperti dibawah ini:

#grub-install –root-directory=/tempat/partisi/ubuntu/dimount /dev/hda

Abis itu di reboot deh, walhasil… muncul lagi deh tuh menu boot nya

No comments: